5 PERTIMBANGAN SEBELUM MEMBELI BAJU BARU

By Mila Journeys - 6:52 PM

 

Sumber: Burst


Assalamu'alaikum gimana kabarnya nih?? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja ya. Pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit tips agar kita tidak membeli pakaian baru. Sebenarnya bukan tidak mau haha tapi karena memang harus terpaksa berhemat dan lagi pula sekalian belajar untuk hidup minimalis kan?

Banyak hal yang menjadi pertimbangan saya memilih tidak membeli baju lagi. Di tambah dengan kondisi pandemi yang seperti ini. Toh untuk apa beli baju? kita juga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja dan nggak kemana-kemana bukan? Jadi, daripada menghabiskan uang untuk membeli baju yang belum tentu kita pakai. Sebaiknya uangnya ditabung atau digunakan untuk keperluan yang lebih mendesak saja. 

Terpaksa berhemat di situasi yang seperti sekarang ini, membuat saya tertarik untuk membagikan beberapa pertimbangan sebelum kalian memutuskan untuk membeli baju baru. Siapatau ketika kalian membaca pertimbangan-pertimbangan dibawah ini, niat kalian untuk membeli baju baru bisa sedikit berkurang hehe. Berikut adalah petimbangan ala saya sebelum membeli sebuah baju baru. 

1. Apakah saya akan memakainya lebih dari 10 kali? kalau jawabannya tidak maka jangan beli. 




Sumber: Pinterest




Sebelum membeli pakaian baru, saya pribadi selalu mempertimbangkan apakah kedepannya baju yang akan saya beli ini bisa saya pakai secara terus menerus. Bukan hanya dipakai pada event-event tertenmtu saja seperti kondangan atau lebaran. Kan sayang kalau kita hanya membeli baju tapi hanya digunakan sesekali saja. 

Lebih baik dipikirkan dulu matang-matang deh! Contohnya, apakah kita akan memakai baju itu setidaknya lebih dari 10 kali? Kalau memang iyaa dan kamu sesuka dan secinta itu dengan bajunya maka silahkan dibeli. Tetapi, jika setelah kamu memikirkan kembali kemungkinan kamu memakai baju itu kurang dari 10 kali maka jangan dibeli. Buat apa juga kan? hanya menjadi pajangan saja di lemari. 

2. Padu padankan pakaian lama 


Sumber: Pinterest


Buat temen-temen yang suka OOTD baju, tips yang kedua ini mungkin bisa membantu. Saya sendiri pun jujur suka sekali dengan konten OOTD baik itu di youtube maupun di instagram. Hal itu karena kita bisa mendapatkan inspirasi baru untuk OOTD baju-baju kita. 

Teman-teman bisa memadupadankan outfit lama kalian agar terlihat menjadi outfit baru dan lebih fresh. Tentunya, cara ini akan sangat membantu meredam keinginan belanja teman-teman karena kalian bisa memakai pakaian-pakaian lama dan memadupadankannya. Menarik bukan?? Percaya deh pasti ada kok outfit-outfit lama kalian yang bisa di padu padankan. Coba cek lemari kalian lagi yaa. Semangaat !!


3 .Unfollow Selebgram

Sumber: Pinterest


Nah ini dia nih biang racunnya *eh . Kalau kalian sering tergiur dengan selebgram yang sering menunjuukkan pakaian baru mereka atau hasil pakaian endors mereka. Fix sih kalian sama seperti saya :') tapi itu duluu haha. Sekarang ini, saya alhamdulillah sudah bisa menahan keinginan membeli pakaian gara-gara selebgram. Saya berusaha bodo amat dengan apapun yang mereka tunjukkan di instagram dan lebih memilih megikuti akun-akun atau selebgram yang memang membawa dampak positive bagi saya. 

"Kalau aku ngefans sama selebgram itu bagaimana kak?" Yah gapapa sih kalau kalian masih follow selebgram favorite kalian. Asalkan kalian kuat iman aja haha dan tidak tergiur dengan apapun yang dijajakan selebgram tersebut. Selagi selebgram itu masih membawa kesenangan bagi kalian pribadi its fine. Kembalikan lagi ke diri kalian sendiri, menurut kalian dengan mengikuti selebgram tersebut lebih banyak manfaat atau mudharatnya yang kalian dapatkan??

4. Jangan Beli Tapi Pinjam 


Sumber: Google 



Tips dari saya selanjutnya adalah jika kalian membutuhkan pakaian di event-event tertentu. Mungkin seperti kebaya misalnya. Daripada kalian membeli kebaya baru sebaiknya kalian coba tanyakan terlebih dahulu orang-orang terdekat kalian. Apakah mereka memiliki kebaya dan bersedia untuk di pinjam? Atau jika memang tidak ada. Kalian bisa menyewa kebaya di salon. 

Sebab ada beberapa salon yang juga menyewakan kebaya. Jadi, selagi masih ada opsi untuk meminjam pakaian tersebut untuk apa beli? Toh kalian hanya memakai pakaian tersebut di event-event tertentu saja bukan?

Bukannya nggak punya uang untuk membeli yang baru. Tetapi, selagi dapat meminjam kenapa engga? Hehe lumayan kan bisa berhemat dan uangnya bisa kita alokasikan ke hal yang lebih penting. Ya nggak?? 




4. Beli baju sesuai Budget 


Sumber: Burst


Tips ini adalah tips untuk orang yang memang nggak bisa menahan diri untuk membeli baju setiap bulannya. Saya bukan tipe orang yang belanja baju juga setiap bulan. Tetapi, jika saya ingin membeli sebuah baju baru saya selalu membuat budget tersendiri. Saya tidak boleh melewati lebih dari budget yang sudah saya tentukan. Hal ini membantu saya untuk konsisten dengan diri saya sendiri dalam membeli sebuah barang. 

Jika teman-teman suka kelewatan nih dalam membeli sebuah baju. Coba deh teman-teman buat budget tersendiri untuk baju setiap bulannya. Lalu, teman-teman yakinkan diri sendiri untuk tidak melewati budget tersebut. Terkadang kan kita suka nggak sadar dalam membeli baju, perasaan mah masih ada kok sisa uang jadi beli lagi dan lagi deh. Dengan membuat budget seperti ini, teman-teman bisa lebih disiplin dalam mengelola uang dan membaginya ke bentuk-bentuk pengeluaran yang lain. 

Itu dia 5 pertimbangan saya sebelum membeli sebuah baju baru. Alhamdulillah saya sudah dapat menahan keinginan saya untuk membeli baju baru. Dengan begitu uang untuk membeli baju baru dapat saya tabung untuk keperluan yang lain. 

Semoga tips dari saya dapat bermanfaat bagi teman-teman yang masih belum bisa menahan diri untuk tidak membeli baju baru. Semangaat terus !!


-XOXO 







  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. halo kak.

    tambahan bisa ikut program tukar baju. ada kok di instagram @tukarbaju. mungkin kalau sudah beli pakaian, wajib sumbangkan/keluarkan baju yang lama biar ngga menumpuk.
    saya pun juga masih belajar hidup minimalis.

    salam kenal ya

    ReplyDelete

Comments system